10 Fakta yang Belum Diungkap Soal Hilangnya Pesawat MAS MH370

10 Fakta yang Belum Diungkap Soal Hilangnya Pesawat MAS MH370
wonderfulengineering.com
Grafis dan keterangan yang menunjukkan data terbaru titik lokasi hilang kontak dan berbeloknya Malaysia Airlines MH370. 
TRIBUNNEWS.COM - Delapan hari sudah pesawat Boeing 777-200 Malaysia Airlines MH370 menghilang. Bak ditelan bumi, pesawat itu belum juga ditemukan meski segala upaya yang melibatkan banyak pihak, negara, serta menggunakan berbagai peralatan canggih telah dilakukan.
Penerbangan yang mengakut 239 penumpang dan awak pesawat itu sama sekali tidak meninggalkan jejak sebelum menghilang sepenuhnya. Dikutip Tribunnews.com dari Wonderfulengineering.com, di antara semua misteri, ada beberapa hal fakta yang belum diketahui publik. Berikut kesepuluh fakta tersebut.
1 . Beberapa Penumpang Tidak Jadi Naik ke Pesawat
Pemerintah Malaysia saat ini sedang menyelidiki fakta lima penumpang yang telah memesan tiket tidak jadi naik ke pesawat . Mereka memang telah check in sebelum penerbangan, namun tak pernah naik ke pesawat. Bagasi mereka telah diambil sebelum penerbangan.
2 . Lima Hari Lamanya Tim Pencari Salah Posisi
Pesawat itu terakhir terlacak di Selat Malaka antara Pantai Indonesia dan Malaysia. Pesawat berbalik dekat Vietnam, ketika itu pemancar sinyal dari pesawat berhenti. Pesawat lalu berbelok ratusan mil jauhnya dari jalur penerbangan aslinya . Tim pencari telah mencari tempat di mana pemancar sinyal pesawat itu berhenti bekerja, bukan di dekat Selat Malaka .
3 . Pesawat Punya Black Box 'Super'
Disebut super karena semua pesawat Komersil Boeing 777 dilengkapi black box yang terbukti tahan atas ledakan. Selain itu, selama tiga puluh hari, black box tersebut mampu mengirimkan data lokasi di mana pesawat berada.
Disebutkan, kotak hitam di tiap Boeing 777 memang dirancang untuk menahan setiap ledakan dari pesawat itu sendiri . Pada black box tersebut terdapat rekaman digital dari percakapan di kokpit, rincian data penerbangan, serta data soal kondisi di sekitar pesawat saat mengudara.
Mengapa para tim pencari kesulitan menemukan pesawat adalah karena mereka tidak bisa mendapatkan sinyal dari kotak hitam tersebut. Biasanya, dengan mengikuti alur arah sinyal yang dipancar dari kotak hitam, akan mengarahkan tim pencari ke lokasi pesawat. Tidak adanya sinyal apapun dari kotak hitam, mengindikasikan perangkat yang tahan ledakan tersebut telah dinonaktifkan.
4 . Hingga Kini Ponsel Penumpang Masih Berdering
Banyak keluarga dan kerabat dari sebanyak 239 awak dan penumpang MH370 berusaha menghubungi lewat ponsel sejak sabtu silam. Mereka tetap mendengar telepon berdering, tapi tidak ada yang menjawab.
5 . Sejumlah Bagian Pesawat Dibuat dari Bahan yang Mengapung di Air
Dalam kasus-kasus jatuhnya pesawat di laut, banyak bagian pesawat yang ditemukan mengambang di permukaan karena bagian itu memang dibuat dan dirancang dari bahan yang bisa mengapung .
Hingga kini, tidak ada puing-puing yang ditemukan. Hal ini yang membingungkan tim pencari. Andai pesawat meledak di udara pun, kepingan pesawat akan jatuh dan lebih mudah terlihat .
6 . Titik Lokasi Hilangnya Pesawat Bukan Tidak Diketahui
Pengendali lalu lintas udara (air traffic control) memiliki pengalaman atas penanganan kecelakaan pesawat. Mereka memiliki data lokasi dari pesawat sesaat sebelum menghilang .
Data lokasi, elevasi, dan kecepatan udara, semuanya diketahui dan dapat digunakan untuk menemukan di mana pesawat jatuh bila memang terjadi ledakan. Meski semua data dimiliki, para pihak dan pejabat terkait belum bisa menemukan pesawat yang hilang .
7 . Jika Ada Pembajakan, Pesawat Tidak Akan Seolah Hilang Ditelan Bumi
Banyak pihak percaya ada pembajakan pada kasus hilangnya pesawat MH370. Tetapi, jika sebuah pesawat yang dibajak, seharusnya pesawat masih bisa terlacak oleh radar.
Bahkan jika para pembajak menonaktifkan transponder di dalam pesawat, menara kontrol di darat (ground control) masih bisa secara mudah menemukan di mana pesawat berada dengan menggunakan radar 'pasif' radar yang akan mengirimkan sinyal dan mengukur refleksi (Efek Doppler) untuk menemukan di mana pesawat tersebut .
8 . Jika Pesawat Tertembak Rudal, Harusnya Muncul di Radar
Ada teori yang mengatakan pesawat komersial tersebut ditembak jatuh oleh rudal. Yang jadi pertanyaan atas dugaan ini adalah puing-puing yang dihasilkan dari serangan rudal akan secara terdeteksi oleh radar kapal angkatan laut dan otoritas lalu lintas udara.
Satu-satunya cara agar serangan rudal itu tak akan terdeteksi adalah jika ledakan dari misil atau rudal tersebut mampu membuat pesawat menjadi potongan-potongan yang sangat kecil. Tidak ada rudal yang dikenal dengan kemampuan se-destruktif seperti itu.
9 . Pesawat Berbelok dari Rute Asli dan Terlacak Radar Militer Beberapa Jam kemudian .
Sebuah data terbaru menunjukkan, pesawat mengubah arah dari rute awal. Pesawat diketahui berbelok tajam dan mengarah ke Kepulauan Andaman. Hal ini dikonfirmasi pihak militer Malaysia.
Disebutkan, pesawat lepas landas pukul 12.21 dini hari, Sabtu (8/3/2014). dari Kuala Lumpur International Airport. Titik terakhir pesawat berhubungan dengan traffic control pukul 1.21 dini hari di atas laut China Selatan yang tersambung dengan Teluk Thailand. Radar militer Malaysia mendeteksi pesawat berada di barat laut Pulau Penang pukul 2.15 am.
10 . Pesawat Bisa Terbang Sejauh India Atau Pakistan
Bukti baru menunjukkan bahwa pesawat terus terbang selama 5 jam setelah itu kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara. Dengan waktu terbang pesawat 5 jam, pesawat bisa saja terbang hingga India atau daerah perbatasan Pakistan. Uber Geek/Wonderfulengineering/Tribunnews.com

0 komentar:

Pages

Google+ Followers